Minggu, 20 Oktober 2013

Dell Inspirasi Dunia Bisnis PC

Biografi Pengusaha Michael Dell 



Michael Dell kelahiran 23 Februari 1963, sudah lah sejak lama tertarik dengan teknologi dan gadget. Ia menikmati bagaimana mereka bekerja. Di umur 15 tahun, Michael akhirnya membeli komputer pertamanya, yaitu komputer buatan Apple. Ya, berawal komputer Apple, dia yang kala itu hobi teknologi memutuskan membongkar Apple sendiri. Ia mencoba mencari tau bagaimana komputer itu bekerja. Dari kuliah, Micheal membangun komputernya sendiri dengan merek Dell komputer.

Dell meluncurkan revolusi PC (Personal Computer) tahun 1980, menciptakan Dell komputer yang diciptakan di kamarnya. Ia membangun PC di kamar asrama di University of Texas dan capat berkembang menjadi perusahaan super besar -Dell komputer. Lalu 1992, setelah 8 tahun Dell dibangun, Michael Dell menjadi CEO termuda di 500 perusahaan terbaik. Kesuksesannya bukan hal mengagetkan jika dilihat bagaimana sosok orang tuanya.

Ibunya adalah seorang pamain saham, sedangkan sang ayah adalah orthodontist, yang memaksa anaknya masuk ke dunia kesahatan. Tapi, Dell muda justru tertarik labih awal di komputer dan bisnis. Pekerja keras, ia bekerja menjadi pembersih piring di restoran China, menyimpan uangnya untuk bisnis lebih besar. Di umur 12 tahun, dia memiliki uang sendiri mengasah ilmu komputernya lebih dalam. Dell langsung mempraktikan kebisaanya menjadi pebisnis langganan the Houston Post, tentunya melalui komputer.

Ia merubah data menjadikan itu $18.000 dalam satu tahun di awal sekolah menengah. Tertarik tumbuhnya gadget dan teknologi, di 15 tahun, Dell baru bisa membeli komputer Apple pertamanya.

"Melalui rasa ingin tahu ini dan melihat peluang dengan cara baru yang kami petakan dalam jalannya Dell. Selalu ada kesempatan untuk membuat perbedaan."

Saat itu di kampus ketika ia menemukan bisnis teknologi akan meledak. Dunia PC masih begitu muda ketika Dell masuk dan melihat tidak ada penawaran langsung ke orang- orang. Mereka harus melewati perantara serta korupsi panjang. Ia ingin masuk lebih dalam melalui idenya penjualan langsung dan layanan purwa- rupa. Modal $1.000 digunakannya untuk berbisnis membangun perusahaan dari nol besar. Dia tidak hanya jago mesin komputer, tapi kemampuan marketing ditambah harga yang murah.

Tak lama kemudian, ia setelah memiliki uang lebih banyak, Dell memutuskan memilih drop-out; melanjutkan bisnis PC dari luar sana. Bisnisnya tak dinyana ternyata maju pesat, mengejutkan hasilnya $6 juta di tahun pertama. Selama tahun 2000, Dell menjadi miliarder dan perusahaanya di 34 negara dan memiliki lebih dari 35.000. Tahun berikutnya, ia telah melebihi Compaq komputer di segi penjualan. Keseluruhan, penjualan Dell komputer dalam 20 tahun berhasil menjadi bisnis tersukses di planet bumi.

Perusahaan ini bahkan tercatat pernah mengalahkan bisnis kelas Titan yaitu Wal- Mart dan General Electric. Cerita sang penemu Dell dituliskan di sebuah buku " Direct from Dell: Strategies That Revolutionized the Industry".

Perusahaan Dell


Dell merupakan perusahaan multi nasional bermarkas di Round Rock Texas, United State. Perusahaan yang menjual, mengembangkan, memperbaiki dan mensuport produk sejenis dan servis tentunya. Membawa nama pemiliknya, Dell komputer memiliki 103.300 pekerja di seluruh dunia. Dell awalnya menjual komputer, software, server, penyimpanan data, kamera, mp3 player dan banyak lagi. Dikenal pula menerapkan konsep penjualan "build to order", memberikan spesifikasi khusus bagi pembeli.

Hingga beberapa tahun lalu, Dell hanya menjual hardware hingga akuisisi Perot System, akhirnya perusahaan memilih masuk bisnis IT servis lebih lagi. Akusisi yang menambah kemampuan perusahaan manangani hal- hal seperti solusi bagi komputer. Mereka labih paham kebutuhan komputer pembeli daripada siapa pun melalui sistem tersebut.

Awalnya Dell adalah perusahaan privat milik Michael Dell bernama PC's Limited, ketika berkuliah di University of Texas at Austin. Kamar asrama di kampus membawa perusahaan yang menjual komputer IBM PC Compatible. Dia kemudian drop- out, mengambil $300.000 modal kapital keluarga. Di 1985, akhirnya perusahaanya menjual produk pertama, sebuah komputer desain sendiri, the Turbo PC, kemdian dijual $795.

PC's Limited menempatkan dirinya manjadi bisnis langsung, menjual komputer berdasarkan pilihan dan dijual secara langsung. Perusahaan beromset kotor sekitar $75 juta di awal bisnis. Perusahaan merubah namanya menjadi Dell Computer Corporation di awal 1988 dan berekspansi secara global. Di Juni 1988, nilai Dell berkembang dari $30 juta menjadi $80 juta, kemudian perusahaan mengeluarkan penawaran saham publik Juni 22, menghasilkan $3,5 juta saham dijual $8,50 per- saham.

Di 1999, Michael Dell menjual komputernya melalui Wal-Mart menambah penjualan senilai $128 juta. Tetapo, konsultan keuangan Dell, Kevin Rollins menyarankan Dell menarik keputusanya karena adanya kemungkinan kerugian jika dilakukan secara jangka panjang. Tahun 1999- 2000, Dell menikmati bisnisnya maju stabil berbagi pasar dengan para kompetitor.

Dell mendapat ranking 1 selama dua tahun, penghargaan sebagai perusahaan terbaik di teknikal suport dan tentunya pelayanan pelanggan. Di 1996, perusahaan mulai menjual PC melalui website perusahaan, dan di 2001, mulai menjual produk seperti televisi, handhelds, digital audio player, dan printers. Dell mengakuisisi pertama kali  ConvergeNet Technologies sekaligus melewati Compaq dari segi pabrikan PC di 1999.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website makassar

Tahun 2003, Dell merubah nama menjadi hanya Dell.Inc yang sebelumnya Dell Computer Corporation. Ini menunjukan keseriusan di bidang lain selain komputer.

Micheal Dell memutuskan keluar sebagai CEO di tahun 2005, meninggalkan posisi untuk Kevin Rollins, yang telah menjadi COO dan president sejak 2001. Dibawah Rollins, Dell melepaskan pengaruh Microsoft dan Intel pada produk milik Dell di bisnis PC. Selama waktu itu, Dell mengakuisisi Alienware, memperkenalkan produk baru di Dell. Untuk menghindari cross market, Dell memutuskan mengambil perusahaan Alienware sebagai ekuitas tersendiri, menjadi perusahaan dibawah Dell.Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar